TP PKK Kecamatan Tomoni Timur Gelar Lomba Menu B2SA: Desa Purwosari Raih Juara Pertama

Luwu Timur, Jurnalis Online, -Tim Penggerak PKK Kecamatan Tomoni Timur mengadakan lomba menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) serta produk olahan pangan lokal. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, (28/06/2024), di Gedung Serbaguna Kecamatan Tomoni Timur dan diikuti oleh tim penggerak PKK dari delapan desa se-Kecamatan Tomoni Timur.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tomoni Timur, drg. Elizabeth Murniati, Sp.KG, secara resmi membuka lomba tersebut. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya mengelola makanan dengan memperhatikan unsur karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin dalam menu sehari-hari.

“Kegiatan ini bukan sekadar lomba untuk menjadi juara, tetapi lebih dari itu adalah membudayakan pengelolaan makanan kaya gizi menjadi makanan sehari-hari. Makanan bukan tentang berapa banyak yang dimakan, tetapi kualitas makanan yang kita konsumsi,” jelas dokter gigi yang juga bertugas di RSUD I Lagaligo Wotu ini.

Mantan Kepala Puskesmas Burau ini juga mengapresiasi kekompakkan dan partisipasi seluruh Tim Penggerak PKK Desa yang sudah ambil bagian dalam kegiatan lomba ini.

Lomba B2SA ini dinilai berdasarkan beberapa kriteria, yaitu keseimbangan menu sesuai porsi, keanekaragaman jenis bahan pangan, kreativitas pengembangan resep dengan memanfaatkan pangan lokal, cita rasa, tampilan dan aspek keamanan pangan, penyajian makanan, serta aplikatif.

Setelah melalui proses penilaian, TP PKK Desa Purwosari berhasil meraih Juara I, disusul TP PKK Desa Margomulyo sebagai Juara II, dan TP PKK Desa Pattemgko sebagai Juara III. (Ikp-humas/kominfo-sp/*)

Related posts