Shalat Idul Fitri di Masjid Agung, Budiman Uraikan Capaian Pembangunan Selama Tiga Tahun Memimpin

Lutim, Jurnalis Online, -Diiringi gema takbir, Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama keluarga melaksanakan sholat idul fitri 1 syawal 1445 Hijriah dengan masyarakat di Masjid Agung, Kelurahan Malili, Kecamatan Malili, Rabu (10/04/2024).

Turut hadir sholat id bersama Bupati, Wakil Bupati, Mochammad Akbar A. Leluasa, Ketua DPRD dan Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur, Aripin dan H.M. Siddiq, BM., Sekda, H. Bahri Suli beserta jajaran Pemkab Lutim, Kapolres Lutim, AKBP. Zulkarnain, Wakapolres, Kompol Syamsul, serta Camat Malili, Nasir.

Bupati mengatakan, Hari Raya Idul Fitri ini, mari kita syukuri dan maknai bukan saja sebagai hari kemenangan bagi umat Islam yang telah melaksanakan ibadah ramadhan selama sebulan penuh, tapi juga sebagai momentum menguatkan rasa persatuan dan kesatuan kita dalam membangun daerah dan bangsa.

“Karena hakikat bulan suci ramadhan laksana oase ditengah gurun pasir, dalam hiruk pikuk kehidupan, kita diberikan telaga waktu untuk kembali merenungi diri, bahwa kita diciptakan dimuka bumi memiliki tujuan yang telah diperjanjikan dengan sang khalik,” ujar Budiman.

“Mari kita jadikan momentum mulia ini untuk saling memaafkan dan saling peduli; Sipakatau (Saling Menghargai), Sipakainge’ (Saling Mengingatkan), Sipakelebbi (Saling Menyayangi), saling mendoakan dan kita saling menjaga; Peduliki’ Saya Jagaki’,” tambahnya.

Memanfaatkan momentum hari kemenangan ini, Bupati Luwu Timur, H Budiman, bersama Wakil Bupati Luwu Timur, Moch. Akbar Andi Leluasa, beserta seluruh jajaran pemerintahan menguraikan secara singkat tentang progres capaian pembangunan selama tiga tahun, menjalankan amanah memimpin masyarakat Kabupaten Luwu Timur.

“Capaian tersebut diantaranya, dalam kurun waktu tiga tahun ini, pertumbuhan APBD Luwu Timur terus meningkat, mencapai 1,9 Triliun Rupiah. Dan kita proyeksikan tahun 2025 mendatang, APBD Luwu Timur dapat mencapai lebih dari Rp. 2 Triliun Rupiah,” ungkapnya.

Selanjutnya IPM Kabupaten Luwu Timur peringkat 4 di Provinsi Sulawesi Selatan dan merupakan kabupaten dengan nilai IPM tertinggi. Sementara Laju Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Luwu Timur tahun 2023, tumbuh sebesar 9,66 persen di banding tahun 2022 sebesar 1,99 persen.

Kemudian, Bantuan Keuangan Khusus (BKK) satu miliar satu desa, telah mendorong perkembangan kemajuan desa yang menunjukkan tidak ada lagi status desa tertinggal di Luwu Timur, berdasarkan hasil pengukuran status desa melalui Indeks Desa Membangun (IDM).

Dipenghujung tahun 2023 lalu, Script Survei Indonesia (SSI), telah melakukan survei yang menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Luwu Timur meningkat 75,35 persen. Berdasarkan hasil survei tersebut, masyarakat puas terhadap upaya pemerintah dalam aspek pelayanan dasar seperti kesehatan sebesar 94,39 persen, kemudian pendidikan sebesar 93,41 persen, sektor keamanan dan ketertiban sebesar 94,15 persen dan terakhir terkait pelayanan pubik mencapai 94,15 persen.

Di sektor keagamaan, pemerintah daerah juga terus berkomitmen memberikan bantuan hibah bagi pembangunan maupun renovasi rumah ibadah. Untuk tahun ini, kita targetkan 48 paket dengan total anggaran sebesar Rp. 13.260.000.000. Dan masih banyak lagi capaian-capaian Pemkab Lutim.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Luwu Timur, Jajaran Forkompimda; Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, TNI/Polri, Pengadilan Agama dan Kementrian Agama, jajaran pemerintah daerah, Dunia Usaha dan seluruh elemen masyarakat serta stakeholder pembangunan yang telah memberikan dukungan dan kontribusi nyata dalam mewujudkan capaian program pembangunan daerah,” tuturnya.

“Dengan segala ketulusan dan kerendahan hati perkenankan Saya bersama jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur dan keluarga menyampaikan “Selamat Hari Raya Idul Fitri – 1 Syawal 1445 Hijriah – 10 April 2024 Masehi” Taqabbalalllahu Minna Wa Minkum, Taqabbal yaa Kareem, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Bupati Luwu Timur.

Pada pelaksanaan Shalat Ied kali ini, bertindak sebagai Imam ialah Ustadz Ahmad Yani (Imam Masjid Agung), Munadi/Tata Cara Pelaksanaan Shalat Ied, HM. Siddiq BM., dan Khatib ialah Prof. Dr. Muhaemin, S.Pdi., MA., (Dosen IAIN Palopo).

Usai melaksanakan ibadah shalat Ied, Bupati dan keluarga langsung menuju makam ayahandanya di Desa Harapan Kecamatan Malili dan selanjutnya menggelar acara open house di rumah jabatan. (rhj/ikp-humas/kominfo-sp/*)

Related posts