Ini Pesan Bupati Budiman Saat Pimpin Apel Siaga Bencana, Hari Belneg, dan HKN

Lutim, Jurnalis Online, -Bupati Luwu Timur, H. Budiman memimpin Apel Siaga Gelar Pasukan dan Peralatan Bencana Alam dalam Wilayah Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023, yang berlangsung di Lapangan Merdeka Malili, Senin (18/12/2023).

Selain Apel Siaga, kegiatan yang dihadiri unsur Forkopimda Lutim, Wakil Bupati, Moch. Akbar A. Leluasa, Sekda Lutim, H. Bahri Suli beserta jajaran Pemkab Lutim, TNI/Polri, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Arbiyanti Febthavia A. Leluasa, Ketua Dharmawanita Persatuan (DWP) Lutim, Hj. Masrah Bahri Suli, Tim Fire PT. Vale, Tim PMI, Organisasi Wanita se-Lutim, dan pelajar ini juga dirangkaikan dengan Peringatan Hari Bela Negara (Belneg) dan Hari Kesadaran Nasional (HKN).

Dalam amanatnya, Bupati Budiman mengungkapkan, Hari Bela Negara tidak hanya menjadi momentum untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan, tetapi juga sebagai panggilan untuk kita semua yang hidup di zaman ini.

“Bangsa Indonesia adalah rumah kita bersama, dan kita berdiri disini sebagai penerus perjuangan para pendahulu kita. Oleh karenanya, melalui peringatan ini, kita meneguhkan niat bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan seluruh komponen bangsa untuk menghadapi situasi yang semakin berkembang dan kompleks di segala bidang,” imbuhnya.

Selain hari Bela Negara, lanjutnya, hari ini juga digelar Apel Siaga Bencana, kita tidak bisa menutup mata terhadap realitas bahwa bencana alam bisa melanda kapan saja. Apalagi, kata Budiman, Wilayah Lutim telah memasuki masa peralihan cuaca dari fenomena El Nino ke La Nina.

“Oleh karena itu, kita perlu bersiap dan bekerjasama untuk menghadapi setiap kemungkinan yang dapat merugikan masyarakat,” tegas Bupati Budiman.

Selanjutnya, terkait Hari Kesadaran Nasional, Bupati Luwu Timur mengingatkan kita akan pentingnya memiliki kesadaran akan hak dan kewajiban kita sebagai ASN.

“Ini adalah panggilan untuk kita semua agar senantiasa memahami nilai-nilai dasar bangsa ini, seperti gotong royong, keadilan dan persatuan,” kata Budiman.

Terakhir, orang nomor satu di Pemkab Lutim ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, aparat keamanan, relawan dan semua pihak yang telah bersatu untuk mewujudkan cita-cita kita bersama.

“Mari kita jadikan peringatan Hari Bela Negara ini sebagai momentum untuk lebih bersatu, lebih siap menghadapi bencana, dan lebih sadar akan hak dan kewajiban kita sebagai ASN,” tandas Bupati Budiman.

Usai pimpin Apel, Bupati dan Wakil Bupati didampingi unsur Forkopimda menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun, 20 Tahun, dan 30 Tahun kepada ASN, serta menyerahkan secara simbolis 1 unit kendaraan Mobil Pemadam Kebakaran dari Pemda Lutim kepada Dinas Damkar dan Penyelamatan Lutim.

Terakhir dilakukan peninjauan Kesiapan Personil dan peralatan kesiapsiagaan bencana, penyampaian terkait manfaat Aplikasi Siola (Sistem Online Layanan Administrasi) dari Kemendagri RI, dan persembahan atraksi dari Kader Bela Negara. (rhj/ikp-humas/kominfo-sp)

Related posts