Camat Tomoni Timur Buka Pelatihan Pemutakhiran Data SDGs Desa

Luwu Timur, Jurnalis Online, -delapan desa di Kecamatan Tomoni Timur berpartisipasi dalam pelatihan pemutakhiran data Sustainable Development Goals (SDGs) yang diselenggarakan di aula kantor camat Tomoni Timur, Selasa (02/06/24).

Pelatihan ini diikuti oleh para Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan dua orang enumerator dari setiap desa. Acara dibuka oleh Camat Tomoni Timur, Yulius, Bersama Pendamping Desa Kecamatan Tomoni Timur, Koordinator Kabupaten Luwu Timur, serta tenaga ahli dari Kementerian Desa Kabupaten Luwu Timur, yaitu Ziadah, Erwin Alkaf, Muh. Zubari Tadaga, Muliati, Sitti Rahmatia, dan Sarmawati Wahid.

Dalam sambutannya, Camat Tomoni Timur menyampaikan bahwa pemutakhiran data SDGs bertujuan untuk memastikan bahwa data yang digunakan dalam perencanaan, pemantauan, dan evaluasi program pembangunan tetap akurat, relevan, dan up-to-date.

“Pelatihan ini sangat penting terkait dengan akurasi data. Oleh karena itu, saya mohon seluruh peserta untuk memperhatikan dan mengikuti arahan dari tim pendamping agar tidak terjadi kesalahan dalam penginputan data ke dalam aplikasi. Data ini nantinya akan digunakan dalam penyusunan RKP,” ujar Yulius.

Lebih lanjut, Yulius menambahkan bahwa data yang digunakan dalam Indeks Desa Membangun beberapa waktu lalu tidak jauh berbeda dengan Data SDGs Desa, sehingga dalam pemutakhiran data SDGs ini diharapkan tidak akan ada kesulitan yang berarti.

Seluruh peserta pelatihan mendapatkan praktik langsung tentang tata cara pemutakhiran data melalui aplikasi dari Kemendes, yang diarahkan langsung oleh tim ahli dan pendamping dari Kecamatan Tomoni Timur. (Ikp-humas/kominfo-sp/*)

Related posts