65 ASN Lutim Ikuti Uji Potensi dan Kompetensi Metode Assessment Center

Lutim, Jurnalis Online, -65 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti Assessment Uji Potensi dan Kompetensi Pemetaan Jabatan Administrator, Fungsional Muda, Pengawas dan Pelaksana Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua (2) hari (5-6 Februari 2024), di UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Selatan ini dibuka Asisten Administrasi Umum, Ir. Nursih Haerani, Senin (05/02/2024).

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dengan BKD Provinsi Sulawesi Selatan.

Assessment center dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan menyiapkan ASN yang kompeten dalam melaksanakan kegiatan Birokrasi Pemerintahan dan untuk mendapatkan serta meningkatkan kualitas calon pejabat sesuai dengan kompetensi yang diharapkan sekaligus merupakan penunjang pelaksanaan Merit System

Adapun 65 peserta tersebut diantaranya : 25 administrator, 20 fungsional, 10 pengawas, 10 pelaksana.

Mewakili Bupati Luwu Timur, Asisten Administrasi Umum, Ir. Nursih Haerani menyampaikan bahwa, hari ini kita berkumpul untuk mengikuti ujian, mengamati, menilai dan memilih calon yang paling sesuai dan berkualitas untuk mengisi posisi penting dalam pemerintahan Luwu Timur.

“Penting bagi kita untuk memastikan bahwa proses pemilihan ini dilakukan secara adil dan transparan berdasarkan pada Merit System,” imbuhnya.

Kegiatan Assessment, lanjut Asisten III ini, adalah metode penilaian yang terstandar guna menilai dan mengukur potensi dan prediksi keberhasilan seseorang dalam suatu jabatan melalui beberapa simulasi atau alat ukur berdasarkan kompetensi jabatan yang dilakukan oleh para Assesor.

“Dengan mengikuti kegiatan Assessment ini, proses seleksi calon pejabat Luwu Timur akan berjalan independent sehingga dapat menghasilkan¬†pejabat yang mampu melaksanakan tugas di satuan kerja dengan lebih baik, berintegritas tinggi dan bertanggung jawab serta optimal dalam melayani masyarakat,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan dengan pemetaan ini, tidak ada lagi yang nantinya tidak melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan karena tidak sesuai dengan keinginan,” harap Nursih Haerani.

Kepala UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Luth Perkasa Fahmi, S.STP., MM., mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Luwu Timur atas kepercayaannya untuk melaksanakan pemetaan ini.

“Alhamdulillah, Kabupaten Luwu Timur yang pertama melakukan assessment. Jadi di tahun yang baru ini kami menyampaikan kepada teman-teman untuk memberikan pelayanan yang terbaik apalagi pesertanya cukup banyak,” bebernya.

Ia juga menyampaikan selamat datang kepada para peserta pemetaan pada pagi hari ini, dan mengucapkan selamat mengikuti assessment, semangat menjalani ujian yang ada, dan berpesan agar tidak tegang.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa, sesuai dengan amanat undang-undang ASN, kedepan kita akan fokus pada manajemen kualitas sistem merit. Jadi untuk pengisian posisi jabatan akan dilihat dari nilai pemetaan bapak ibu, yang akan menjadi acuan pimpinan untuk mengisi suatu jabatan,” jelas Muhammad Luth.

Hadir pada kesempatan ini, Sekretaris BKPSDM Kabupaten Luwu Timur, Alimuddin Bachtiar beserta jajarannya, Tim Assesor Penilaian Potensi dan Kompetensi Provinsi Sulawesi Selatan, dan para Peserta Uji Potensi dan Kompetensi Jabatan. (rhj/ikp-humas/kominfo-sp/*)

Related posts