Program Pupuk Gratis dan Lapangan Kerja Bikin Warga Kalaena Semangat Dukung Paslon Budiman-Akbar

Luwu Timur, Jurnalis Online, -Dua program unggulan pasangan nomor urut 2 calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Budiman – Akbar, yaitu pupuk gratis dan pembukaan lapangan kerja, menarik perhatian serius warga di Kecamatan Kalaena. Warga percaya bahwa jika kedua program ini terwujud, Luwu Timur akan menjadi lebih maju dan sejahtera.

Karena itu, warga Kecamatan Kalaena, yang dipimpin oleh tokoh setempat Putu Sudyana, mengundang Moch. Akbar Leluasa, Calon Wakil Bupati Luwu Timur, untuk berdiskusi langsung mengenai program tersebut di kediaman Putu pada Rabu (16/10/2024). Dalam diskusi tersebut, warga menyampaikan aspirasi yang dianggap penting untuk kesejahteraan masyarakat Kalaena.

“Kami di Kalaena ini tidak punya wakil di DPRD. Jadi, kami menganggap Pak Budiman dan Pak Akbar sebagai perwakilan kami yang dapat menyerap aspirasi warga. Meski saat ini mereka sedang cuti, mereka tetap kami anggap sebagai pemimpin,” ungkap Putu Sudyana.

Pertanyaan utama warga adalah apakah benar program pupuk gratis dan pembukaan lapangan kerja akan direalisasikan. Akbar Leluasa memberikan penjelasan detail mengenai hal ini. Menurutnya, program pupuk gratis bukan janji kosong.

“Kami sudah merencanakan pupuk gratis karena keuangan daerah sekarang memungkinkan. Jika Budiman-Akbar terpilih, biaya pupuk akan disubsidi penuh oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

Akbar menambahkan bahwa sebelumnya, program pupuk gratis belum dapat dijalankan karena kemampuan keuangan daerah belum mencukupi.

“Saat APBD Luwu Timur masih di angka Rp1,4 triliun, kami belum bisa memprogramkan pupuk gratis. Namun, setelah tiga tahun memimpin, APBD Luwu Timur naik menjadi Rp2,1 triliun, ada kenaikan sekitar Rp700 miliar. Anggaran untuk pupuk gratis diperkirakan paling tinggi Rp100 miliar, jadi daerah mampu membiayainya,” kata Akbar.

Selain itu, Akbar juga menjelaskan bahwa program pembukaan lapangan kerja sudah berjalan. PT IHIP akan membuka kawasan industri dan membangun smelter untuk mengolah bijih nikel di Luwu Timur.

“Kerjasama ini sudah ditandatangani melalui MoU dengan PT Aneka Tambang, Perseroda Luwu Timur, dan Perseroda Provinsi Sulsel,” tambahnya.

Menurut Akbar, proyek ini akan membutuhkan tenaga kerja hingga 20 ribu orang, sementara jumlah angkatan kerja di Luwu Timur sekitar 9 ribu. “Artinya, di masa depan tidak akan ada lagi pengangguran di Luwu Timur. Ini merupakan pencapaian luar biasa di masa kepemimpinan Budiman-Akbar,” ujarnya, disambut tepuk tangan meriah warga.

Penjelasan Akbar yang rinci dan masuk akal ini membuat warga Kalaena semakin antusias. Mereka bertekad memenangkan pasangan Budiman-Akbar dengan kemenangan mutlak di seluruh desa di Kecamatan Kalaena. (*)

Related posts