Sosialisasi Hari Ke-2, Kadis Parmudora Harap Informasi Bisa Sampai ke Stakeholder

Luwu Timur, Jurnalis Online, -Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parmudora) Luwu Timur menggelar Sosialisasi Pengusulan Geopark Matano dan Sistem Danau Malili sebagai Geopark Nasional hari ke dua, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lutim, Selasa (15/10/2024).

Kegiatan ini turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pengembangan Infrastruktur, Masdin, Kepala BPBD, Sekertaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Camat Malili dan para Peserta Sosialisasi.

Kadis Parmudora Lutim, Andi Tabacina Akhmad saat menyampaikan materinya mengatakan bahwa, kegiatan ini dimulai dari tahun 2022 dan saat itu lini sektornya adalah Bapelitbangda.

“Pada tahun 2022 kami buat tim, kemudian tahun 2023 sudah ditetapkan penetapan warisan geologi. Dari kegiatan tersebut maka dihasilkanlah dokumen pengusulan penetapan warisan geologi, jadi ketika kita berbicara tentang geopark maka bintang utamanya adalah terkait dengan geologi,” jelas Kadis Parmudora.

Ada 36 situs warisan geologi yang diverifikasi kembali oleh Suvior dari pusat survei geologi sehingga akhirnya mengecil menjadi 26.

“Ini adalah yang sering kita lihat, kita tahu tapi kita tidak tahu apa ini, inilah kesempatan kita untuk memperkenalkan. Ada 4 geosite di Malili yang akan dibahas, Tompo Tikka, Bulu Bellang, Tebing dan jalanan lama yang ditinggikan di Desa Laskap dan Bulu Poloe Lampia,” ucapnya.

“Kami sebenarnya juga mengharapkan perwakilan masyarakat datang, karena disini kesempatan kita untuk protes kalau mau protes dan dukung ki kalau mau ki dukung. Karena ketika ini di usulkan menjadi geopark nasional, tidak akan bisa kita utak atik lagi, boleh dimanfaatkan tetapi sudah tidak boleh kita ganggu. Kalau adaki merasa terganggu maka disinilah tempatnya untuk kita sampaikan, keraguan, pertanyaan, protesta dan sebagainya,” tambah Andi Tabacina.

Hadir sebagai Narasumber : Dedy Irfan Bachri, ST (GM. Manager Badan Pengelola Maros Pangkep UNESCO Global Geopark 2018-2022), Dr. Yadi Mulyadi, S.S.M.A (Dosen Arkeologi Unhas), Dr. Jumari, S.Si., M.Si. (Ahli Biodiversitas, Etnobiologi/Etnobotani), dan Ketua IKA Geologi UNHAS. (ik/ikp-humas/kominfo-sp/*)

Related posts