Wabup Akbar Serahkan Bantuan Alsintan, Benih dan Bibit Pertanian

Luwu Timur, Jurnalis Online, -Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), Benih Padi, dan Benih Jagung bantuan APBN tahun 2024 serta bantuan Benih Sayur – sayuran dan Bibit Kelapa yang bersumber dari Dana APBD Kab. Luwu Timur tahun 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan dilaksanakan di Aula DPKP Lutim, Selasa (10/09/2024), diinisiasi oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) ini, dihadiri Perwakilan Pabung Lutim, Kabid Prasarana dan Sarana, I Ketut Pasek, Kabid Ketahanan Pangan, Darfan Husain dan Kabid Perkebunan, Muchtar.

Hadir pula para Koodinator BPP dan PPL se Kabupaten Luwu Timur, para pengurus dan Anggota Kelompok Tani Penerima Bantuan Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Mochammad Akbar menuturkan, program bantuan ini adalah bentuk upaya Pemerintah untuk meratakan bantuan pertanian dan komitmen mensejahterakan para petani Luwu Timur.

“Bumi Batara Guru kita ini sangatlah luas lahan taninya. Olehnya itu, kami sebagai Pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin dalam menyiapkan berbagai kebutuhan akan sarana dan prasarana pertanian melalui berbagai program bantuan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani utamanya,” tutur Akbar.

Lebih lanjut, Wabup Lutim ini berpesan kepada para link sektor untuk terus bahu membahu memberikan pelayanan terbaik ke para petani dan para penerima manfaat untuk memanfaatkan bantuan sebaik-baiknya.

“Kepada Teman-teman penyuluh secara berjenjang, Penyuluh Kabupaten, Penyuluh Kecamatan, dan Penyuluh Lapangan/PPL. Mohon untuk setiap saat, utamanya pada jam kerja untuk senantiasa berada bersama petani binaannya. Dengarkan keluhan mereka. Dengarkan ungkapan kebutuhan mereka. Beri kesempatan mereka untuk mengungkapkan pengalaman mereka dalam berbudi daya,” pesannya.

“Terkhusus untuk para penerima manfaat agar dapat memanfaatkan dan menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. Memanfaatkan semaksimal mungkin dalam usaha taninya, melakukan pemeliharaan barang yang diberikan untuk pemanfaatan jangka panjang, serta dapat ditanam sesuai dengan teknik budidayanya,” tandas Akbar.

Adapun bantuan yang diberikan secara simbolis diantaranya;

1. Pompa sebanyak 50 unit terdiri dari dari pompa 4 Inchi sebanyak 19 Unit, , Pompa 3 Inchi sebanyak 31 unit, dengan jumlah kelompok ( 37) kelompok.

2. Bantuan Benih Padi sebanyak 11,05 ton dan Bantuan Benih jagung sebanyak 27 ton.

3. Bantuan bidang Ketahanan Pangan sebanyak 17 Kelompok Wanita Tani bantuan yang diberikan berupa; Benih cabe, benih papaya, benih timun, benih semangka, benih kangkong, polybag dan mulsa.

4. Bantuan bidang Perkebunan berupa bantuan pupuk organik sebanyak 22.000 kg dan bibit kelapa sebanyak 11.000 bibit.

(res/ikp-humas/kominfo-sp)

Related posts