Sosialisasi KILAS, Hj. Sufriaty Sampaikan Pesan Inspiratif untuk para Orang Tua

Luwu Timur, Jurnalis Online, -Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur bekerjasama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) menggelar Sosialisasi Keluarga Indonesia Lindungi Anak dari Kekerasan Seksual (KILAS).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, Selasa (30/07/2024), dibuka Kepala Dinas Sosial P3A Lutim, Sukarti dan menghadirkan Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty Budiman sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Hj. Sufriaty Budiman mengungkapkan, tujuan diadakannya kegiatan ini guna memberikan edukasi kepada para audiens tentang cara melindungi anak dari kekerasan seksual.

“Ada 3 hal yang sangat penting yang harus diketahui dalam pelaksanaan KILAS ini yakni pelatihan seksual terhadap terhadap anak dan jenis-jenis kekerasan seksual terhadap anak, dampak negatif terhadap kekerasan seksual terhadap anak dan pentingnya keluarga dalam pencegahan kekerasan seksual,” ungkap Hj. Sufriaty.

Lebih lanjut, Hj. Sufriaty menjelaskan poin terpenting dalam melindungi anak dari kekerasan seksual ialah menjaga pola asuh terhadap anak.

“Tidak hanya peran Pemerintah dalam memberikan edukasi kepada para orang tua dalam pencegahan kekerasan seksual tetapi yang paling membutuhkan peran tersebut adalah keluarga terdekat khususnya para orang tua yang menjaga, merangkul dan medidik dengan baik anak-anaknya dirumah,” jelas Hj. Sufriaty.

Diakhir kata, Hj. Sufriaty saat menutup materinya menambahkan pesan inspiratif kepada para orang tua untuk tetap semangat dalam mendidik anak-anak.

“Sebagai orang tua, ingatlah bahwa kita adalah pahlawan dalam kisah hidup anak-anak kita dalam setiap momen kesulitan dan keberhasilannya. Berikan cinta tanpa syarat serta berikan dukungan tanpa batas kepada mereka karena yakin dan percayalah bahwa kita dapat membawa dampak besar dalam membentuk masa depan bagi anak-anak kita,” tutur Hj. Sufriaty.

Sementara itu, Kepala Dinsos P3A, Sukarti saat membuka acara mengharapkan kedepannya kolaborasi antara Pemerintah dan TP PKK mampu menangani permasalahan kekerasan seksual terhadap anak.

“Saya berharap kedepannya kasus yang terjadi di daerah kita bisa teratasi dan bisa lebih berkurang lagi dengan menjaga kerjasama yang baik kita bersama karena kita mampu menangani permasalahan yang terjadi kedepannya,” tandas Sukarti.

Turut hadir Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Arbiyanti Vebthavia Akbar Andi Leluasa, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lutim, Hj. Masrah Bahri Suli, Perwakilan Organisasi Wanita Lutim, Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Lutim, Ketua Pokja I TP PKK Kecamatan se Kabupaten Lutim, Perwakilan Forum Batara Guru, dan PUSPAGA. (res/ikp-humas/kominfo-sp/*)

Related posts