DP2KB Lutim Gelar Workshop Upgrade “Tentang Kita” Life skill dan Kekerasan Seksual

Luwu Timur, Jurnalis Online, -Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Luwu Timur menggelar kegiatan Workshop Upgrade “Tentang Kita” Life skill dan Kekerasan Seksual, di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Selasa (16/07/2024).

Kegiatan yang digelar selama 2 (dua) hari (17-18 Juli 2024) ini bertujuan Memberi wadah pertukaran informasi dan menjalin hubungan silaturahmi dengan remaja Genre, Memberikan kesempatan remaja Genre Luwu Timur untuk berekspesi dan beraksi yang berbasis substansi Genre.

Selanjutnya, Meningkatkan pemahaman dan penguasaan substansi serta kemampuan memfasilitasi dan mengimplementasikan kurikulum upgrade tentang kita, dan Menyusun rencana implementasi kurikulum upgrade “Tentang Kita” di sekolah masing – masing.

Hadir membuka acara, Asisten Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Aini Endis Anrika mewakili Bupati, didampingi Sekretaris DP2KB, I Dewa Putu Alit.

Asisten Pemerintahan dan Kesra mengungkapkan, kegiatan ini sebagai salah satu acuan dalam pelaksanaan kegiatan pemberian edukasi dan penyuluhan serta konseling yang dilakukan oleh Pendidik Sebaya dan Konseling Remaja melalui PIK Remaja dan Forum Generasi Berencana di lingkungan masyarakat.

“Peningkatan penguasaan Life Skill pada remaja merupakan upaya memberdayakan remaja agar dapat mengambil tindakan positif untuk melindungi dirinya dan meningkatkan kesehatan dan hubungan sosial yang positif,” ujarnya.

Menurutnya, melalui penguasaan Life Skill, remaja dapat melawan tantangan ini dan melindungi diri mereka dari kehamilan remaja, PMS, HIV/AIDS, penyalahgunaan NAPZA, pelecehan seksual dan banyak masalah Kesehatan lainnya.

“Remaja diharapkan memiliki ketahanan diri untuk tidak melakukan pernikahan dini, tidak melakukan hubungan seksual dan tidak melakukan penyalahgunaan NAPZA,” harap Aini Endis.

“Semoga kita dapat memberikan manfaat dalam mewujudkan kualitas generasi remaja yang sehat dan berkarakter. Dan semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar,” tandas Plt. Kepala DP2KB Lutim ini.

Adapun kegiatan Workshop Upgrade “Tentang Kita” Life skill dan Kekerasan Seksual dilaksanakan selama 2 hari ini melibatkan Forum Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Sulawesi – Selatan dan Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Luwu Timur.

Sementara peserta workshop sebanyak 48 kelompok PIK Remaja tingkat SMP dan tingkat SMA sederajat se- Kab. Luwu Timur atau sebanyak 96 orang Peserta. (rhj/ikp-humas/kominfo-sp/*)

Related posts