Roadshow Kebudayaan di Kecamatan Mangkutana disambut Baik Ribuan Warga

Luwu Timur, Jurnalis Online, -Acara Roadshow Kebudayaan di Kecamatan Mangkutana  dalam rangka memeriahkan HUT ke-21 Kabupaten Luwu Timur berlangsung meriah, Rabu (05/06/2024).

Acara yang diselenggarakan di Lapangan Wonorejo Kecamatan Mangkutana ini, berhasil menarik perhatian banyak pihak, terlihat penuh antusiasme dari masyarakat setempat memadati lapangan Wonorejo untuk menyaksikan berbagai kegiatan pagelaran budaya tersebut.

Pantauan Jurnalis Online, kedatangan rombongan Wakil Bupati Luwu Timur, Moch. Akbar Andi Leluasa didampingi Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Lutim, Arbiyanti Febthavia, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty Budiman, dan sejumlah pejabat daerah disambut berbagai macam tarian termasuk Tari Pagellu, Bujang Ganong dan diakhiri dengan Tari Torompio, Atraksi Kuda Lumping, Tari Mariringgo, Tari Saman dari Pasantren Al-Muhajirin.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Luwu Timur, Muhammad Akbar Andi Leluasa menyampaikan bahwa budaya adalah jantung dari identitas bangsa yang mencerminkan sejarah, tradisi dan kearifan yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

“Setiap elemen budaya ini memiliki makna dan nilai yang mendalam, sehingga perlu kita lestarikan bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Akbar Andi Leluasa juga mengatakan, untuk menjaga dan melestarikan budaya perlu adanya sinergitas dari berbagai pihak baik pemerintah maupun sektor swasta, utamanya masyarakat yang merupakan memiliki peran penting dalam pelestarian budaya dan setiap individu memiliki tanggung jawab melestarikan budaya ini dengan cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Wabup Lutim.

Terakhir, Wabup Akbar berharap agar budaya tersebut tetap hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, menjaga kearifan lokal adalah bagian dari budaya bangsa yang perlu dijaga sebagai warisan berharga bagi generasi yang akan datang,” tutupnya.

Turut dihadiri, Forkopimda Lutim, Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Lutim, Camat Mangkutana beserta Ketua TP PKK Kecamatan Mangkutana, Kepala Desa se-Kecamatan Mangkutana, TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Tokoh Adat, Agama, Pemuda, Budaya, Perempuan, Tokoh Masyarakat dan para Kepala Sekolah. (*)

Liputan : Tim

Related posts